Selasa, 12 Juli 2016

Pengalaman Berbelanja di e-Commerce (Matahari Mall, Lazada, dan Shopee)

Kali ini saya akan berbagi pengalaman saya berbelanja di e-commerce yang ada di Indonesia, diantaranya Matahari Mall, Lazada, dan Shopee. Mengapa hanya 3? karena saya baru berbelanja di tiga e-commerce itu, jika nantinya saya berbelanja di tempat lain, insya Allah akan saya tambahkan lagi di tulisan ini :)
Sumber gambar: yourstory.com
1. Matahari Mall (Mataharimall.com) dan Lazada (Lazada.co.id)
keduanya saya bahas bersamaan karena saya berbelanja di hari yang sama. Waktu itu saya berbelanja tas untuk ibu di MM dan dompet untuk hadiah ulang tahun suami di Lazada. Tahapan belanja di MM dan Lazada kurang lebih sama, keduanya juga membutuhkan email untuk verifikasi transfer dsb. Untuk tahapan pembelian dari transfer hingga pengiriman bisa diakses melalui situs dan email. Barang tiba dalam kondisi baik di tangan saya, hanya saja waktu yang diperlukan sejak transfer hingga barang tiba lumayan lama.

Lazada lebih cepat 3 hari dibandingkan MM. Orderan saya di MM tiba 10 hari setelah transfer. Pemberitahuan barang dikirim tiga hari setelah transfer. Pada hari keenam, ketika barang dari Lazada tiba, saya mengirim email ke CS MM menanyakan orderan saya. Email saya dibalas lumayan cepat oleh CS MM mekipun dengan bahasa yang umum sehingga saya merasa kurang puas tapi cukup untuk membuat saya bersabar lebih lama.

Diantara kedua e-commerce tersebut, mana yang saya rekomendasikan?
Saya merekomendasikan keduanya, tapi berhubung lokasi saya di luar pulau Jawa, untuk belanja kedua kalinya saya memilih MM karena layanan gratis ongkirnya. Waktu itu saya membeli kosmetik, dan seperti pengalaman sebelumnya, barang tiba dalam kondisi baik, hanya saja waktu pengirimannya lumayan lama. Jadi kalau teman-teman terburu-buru sebaiknya membeli langsung di akun online shopnya, biasanya os yang berjualan di MM dan Lazada memiliki akun instagram. Teman-teman bisa memesan langsung tanpa perantara.

2. Shopee (Shopee.co.id)
Saya berbelanja di Shopee belum lama ini. Dibandingkan MM dan Lazada, berbelanja di Shopee lebih praktis karena aplikasi shopee khusus dibuat untuk hp. Waktu verifikasi cepat, hanya sehari dan semuanya via aplikasi. Saya merekomendasikan untuk berbelanja di Shopee untuk teman-teman yang malas membuka website dan email. Di samping itu, di aplikasi Shopee kita bisa chat langung dengan sellernya.

Ketika berbelanja pertama kalinya di Shopee, saya mendapatkan pengalaman buruk, bukan dari pihak Shopeenya tapi dari seller yang tidak profesional (seller malas memasukkan resi dan tidak membalas chat saya). Waktu itu, saya meminta pengembalian dana dan diproses dengan cepat oleh Shopee.

Apakah saya akan berbelanja kembali di Shopee? tentu saja, saya sudah berbelanja kedua kalinya, selain karena kepraktisannya, Shopee juga memberi layanan gratis ongkir, tapi tentu saja tidak di seller yang tidak profesional itu :p. Sedikit saran untuk para seller, tolong jangan malas memasukkan resi dan membalas chat customers anda. Kami tentu saja bisa mengerti jika ada keterlambatan, yang terpenting ada pemberitahuan karena tidak selamanya diam itu emas. Shopee sudah memberikan fasilitas chat dengan customers, menurut saya hal itu sangat mendukung penjualan, jangan dianggurin begitu saja :).

*Note2018: sekarang ini satu-satunya e-commerce yang saya gunakan adalah shopee, pilihan toko dan produknya semakin banyak, gratis ongkir masih ada, fasilitas pengembalian barang, ada jangka waktu pegiriman dan penerimaan barang, dan yang pastinya aplikasinya semakin mudah digunakan.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Selamat berbelanja :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan bahasa yang sopan karena bahasa Anda mencerminkan kepribadian Anda. Terima kasih :)